Menyuarakan kebenaran adalah pilihan…

Standar

Assalamu’alaikum

Banyak hal di sekitar kita yang sesungguhnya kita tau nilai ketidakbenaran dan kebenarannya…. kalau saja kita memihak pada hati nurani, tentu kita akan memilih yang terbaik bagi kebenaran itu sendiri dan menghindari dari ketidakbenaran..

Tapi, sebagai manusia, banyak hal yang harus kita lalui untuk menunaikan dorongan hati nurani untuk melakukan kebaikan atau menyuarakannya dengan berani. 

Saya selama ini termasuk yang tidak berani menyuarakan kebenaran, walau saya tau ada yang tersakiti karena kelemahan saya ini…

Lalu apa makna Hijrah Rosul yang harus kita teladani?  Bukankan beliau mewajibkan kita berhijrah dari tempat (kondisi) buruk menuju tempat (kondisi) yang lebih baik, walaupun dalam menempuh perjalanan itu kita harus mendapat perlakuan yang tidak baik  ataupun “anggapan” yang tidak baik.  Rasa malu, rasa minder, rasa terhina, rasa terjepit, rasa nelangsa, rasa sedih, rasa resah, rasa takut dan lain2nya…tentulah akan kita hadapi dan kerap menjadi beban pikiran yang tak terselesaikan.

1 Hijriyah kemarin mungkin adalah titik awal keberanian diri harus di “hidupkan” kembali…. bertekad akan mulai berani melangkah ke arah yang lebih baik, Hijrah dari ketakutan, hijrah dari rasa minder, hijrah dari  ketidak adilan…dan bagi saya pribadi, hijrah terhadap pembisuan saya selama ini terhadap kebohongan2 yang terjadi di depan mata. 

Saat ini, saya mencoba untuk berdiri tegak menyuarakan pengalaman pahit yang pernah terjadi dengan maksud agar orang lain tidak jatuh ke jurang yang sama seperti saya.  Yang saya temui adalah, tidak semua orang dapat meresponnya secara positif, namun sungguh saya dapat memakluminya…..  karena siapalah saya, saya hanya seorang yang baru melangkah dan baru memulai berjuang dalam perbaikan diri…. saya hanyalah korban dari kebohongan yang mulai bersuara dan baru mulai berani untuk bertindak…. tidak lebih dan juga tidak kurang, saya hanyalah pemula yang berusaha jujur dalam usaha saya…dan berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang di sekitar saya..

Tidak ada manusia yang tidak pernah salah, tentu saja saya banyak sekali kesalahan..  tapi bagi saya, sekarang saatnya bersuara…  karena dengan kita bersuara dan menebarkannya hingga ke ujung dunia…, jauh dipelosok sana…dimana terdapat jiwa2 yang membutuhkan bantuan dan panggilan kita, saudara-saudari yang membutuhkan informasi kita, teman-teman yang butuh perlindungan kita..dapat mengambil manfaat dari keberanian kita yang tertunda…

Analoginya seperti ini, saat kita bersepeda melalui jalanan berlubang yang tertutupi oleh genangan air hujan dan kita sempat terjatuh ke dalam lubang besar itu, kemudian setelah kita lanjutkan perjalanan dan terlihat dikejauhan dari arah yang berlawanan ada orang lain yang bersepeda tanpa mengetahui ada bahaya didepannya terbentang lebar…akankah kita diamkan saja? Bukankah kita wajib memberitahukannya agar ia dapat melewati jalan yang mulus sehingga tidak terjerembab seperti apa yang terjadi pada diri kita?

Dalam hal menyuarakan kebenaran, sering kita terbentur oleh banyak hal…. takut ini takut itu…..  manusiawi saja kan?  Tapi apakah kita terkalahkan oleh rasa takut atau kita menangkan rasa berani, itulah pilihan yang harus kita tentukan.

Diam adalah emas,……  tapi menyuarakan kebenaran untuk mencegah orang lain terperosok dalam jurang adalah wajib…

Saya memilih menunaikan yang wajib….. Sepahit apapun yang harus saya hadapi…….insya Allah, Saya akan hadapi.  Di atas langit masih ada langit, tiada yang dimenangkan Allah selain kebenaran….

Bismillaahirrahmaanirrahim, Ya Allah ijinkan saya berani menyuarakan kebenaran dan berhijrah seperti halnya Rasullullah Nabi Muhammad SAW…

fauziah

Iklan

About izhayusmal

My name is izha yusmal, family used to call me izha. Born at jakarta, may 9th 1973. Graduated in 1997 from Trisakti University (jakarta), continuing Magister of Management Labora University. I love to socializing and gather with positive-minded persons, thats why i became "the provocator" in a business community called "Tangan Diatas-Semarang" in 2008. In this blog, i want to inspire as many people as i could and encourage them to find their own positive energy...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s