Mencari-cari konsep bisnis yang tepat – part 2

Standar

Awal bulan, terasa begitu cepatttt saja….fiuh

Kita lanjutkan ceritanya ya…

Setelah searching kemana2….akhirnya saya menemukan konsep cafe sehat yang menarik di brazil-canada-afrika selatan – amerika…bahkan thailan dan juga malaysia….. woww……keliatannya asik dan menyenangkansekali ya..                 ….. Herbalife Nutrition Club Montreal NC Tour May 2011 001.jpg

 

Setelah melihat foto2 tadi…terasa ya, bahwa untuk menjadi sehat orang tidak harus ngantri dan degdegan ketemu dokter dan menebus resep dokter…tapi bisa dengan cara yang nyaman, santai, akrab, menyenangkan,  dan saling support…..suasana ini yang ingin saya hadirkan di Cafe Sehat saya kelak….. 🙂  

Lalu saya terus “belajar”…..mencari tahu apa dan bagaimana menyusun konsep yang saya inginkan tersebut.

Beberapa point yang saya ingin perjelas:

1.  Produsen suplier mampu menjamin ketersediaan produk, dengan harga stabil, dengan proses distribusi yang mudah, dan pembayaran yang juga mudah, serta dijamin money back guaranty….

2.  Produk di garansi pemerintah, ada no depkes/bppom RI, ada pengesahan Halal MUI, ada sertifikat megadosis law, diakui di banyak negara, diakui oleh ratusan juta pengguna, berdasarkan kajian ilmiah dan telah lolos uji lab puluhan tahun, dengan peneliti kelas dunia dan nobel.

3.  Proses peracikan mudah, tanpa menggunakan kompor/asap/panci tanpa racikan2 bumbu ini itu…sehingga ketergantungan kepada karyawan/koki dapat dihindari.

4.  Dapat mudah diduplikasi sehingga saat inign mengembangkan ke lokasi lain, dapat mudah diterapkan tanpa banyak mengeluarkan biaya dan effort yang besar.

Membutuhkan waktu belajar sekitar 2 minggu untuk akhirnya menemukan WHY kenapa saya memilih produk ini sebagai unggulan cafe kami, karena SEMUA POINT DIATAS TERPENUHI… …. dan….lalu saya putuskan untuk menghubungi seseorang yang kami kenal via milis komunitas bisnis http://tangandiatas.com, pak Hadi Kuntoro untuk menjelaskan mengenai produknya, karena beliau sdh setahun mengkonsumsi dan berhasil menjadi lebih sehat.

Produk unggulan ini sesungguhnya harus didapat dengan cara menjadi bagian dari sistem Multilevel Marketing….Namun, saat itu saya tidak tertarik dengan bisnis MLM nya….karena saya hanya butuh produk yang paling berkualitas, paling dapat dipercaya, terjamin baik dari hasil maupun ketersediaannya.  Pokoknya saya bisa buka cafe sehat, menjual makanan sehat tapi gak harus repot sama segala operasional yang “njlimet” serta pegawai/koki yang bergaji besar untuk menjadi tulang punggung dari bisnis saya….:) 

Dengan Produk ini , peracikannya bisa saya lakukan sendiri….dan bilapun memerlukan pegawai untuk bantu2…pegawai lulusan smp saja pun bisa…jadi tidak perlu keahlian masak untuk meraciknya atau yang  ahli dalam bumbu2…..so…siapapun bisa saya jadikan pegawai karena kriteria nya sangat minim…:)

Produk tersebut bernama HERBALIFE….dan karena untuk mendapatkannya saya harus jadi member, maka saya membeli starterkitnya pada pak Hadi Kuntoro.  Setelah membeli starterkit saya baru bisa mempelajari sedikit mengenai sistemnya, ternyata saya bisa mendapatkan diskon hingga 50% dari harga RETAIL…. woooow!!!   Sebagai seorang bisnis, otak saya mulai menghitung2 margin yang akan saya dapatkan bila saya berhasil menjual retail dalam sebulan….. wah, kayaknya sambil santai dan ngemong anak, saya mampu nih dapat omset 8-10juta sebulan, dengan keuntungan minimal 4jutaan, toh masa kedaluarsa produk selama 2 tahun, cukup banyak waktu untuk melipatgandakan omset, itu dalam pikiran saya…….ya sudah….saya putuskan membeli dengan tingkat spv untuk mendapatkan tingkat diskon tersebut.

Pak Hadi Kuntoro membantu memesankan barang yang saya pesan, dan kemudian dikirim kerumah pada tanggal 26 Oktober 2011.  Iseng2 saya upload di toko online saya, eh langsung ada yang pesan…akhirnya tgl 30 Okt 2011 sebagian saya sudah jual secara online ke Jakarta…saat itu saya baru sadar, wah ternyata produknya sudah terkenal luar biasa…hingga orang2 berani memesan secara  online pada saya….. horee!!!!

Semakin yakin dengan keputusan yang saya ambil….

Saya segera berancang2 untuk merehab interior ruko baru, untuk dijadikan sebuah cafe sehat yang nyaman….. 

Proses tersebut membutuhkan waktu 3 minggu, dari pemesanan furniture, display, meja hingga pintu kaca. Berikut foto2 proses renovasinya….:)

Gambar GambarGambarGambarGambarGambar

 

Dan….akhirnya Soft Opening saya lakukan pada tanggal 20 November 2011…

Soft Openingnya diceritakan besok ya…:)

 

Salam,

izhayusmal

http://facebook.com/izhayusmal

Iklan

About izhayusmal

My name is izha yusmal, family used to call me izha. Born at jakarta, may 9th 1973. Graduated in 1997 from Trisakti University (jakarta), continuing Magister of Management Labora University. I love to socializing and gather with positive-minded persons, thats why i became "the provocator" in a business community called "Tangan Diatas-Semarang" in 2008. In this blog, i want to inspire as many people as i could and encourage them to find their own positive energy...

One response »

  1. Suatu konsep bisnis di era sulit terdiri dari empat komponen utama, yaitu strategi inti (Core Strategy), sumberdaya strategis (Strategic Resources), perantara pelanggan (Customer Interface) dan jaringan nilai (Value Network)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s